Buku Tamu


ShoutMix chat widget

27 Mei 2009

Udah UAN SMA, Baru Belajar Bahasa Inggris.

*)
Having finish the exam ...
A. The test is hard
B. The score is good
C. The teacher gave a test to a student
D. The student went home

Having itu artinya Setelah.
Siapa yang udah finish??
Student khan??
Ya udah berarti jawabannya D. The Student . . . .

*)
Ada 3 Cara membuat Kalimat Menyuruh yang benar. Soal-soal kalimat menyuruh nie sering banget keluar.

1. Subject + have + Object + Verb 1
Disingkat SHOVI.

Contoh :
Saya Suruh Dia Mengambil.
Ingat Rumus SHOVI.

S : I
H : have
O : her
VI : take

Jadi,
I have her take.

Gampang khan?

Kalo misalnya kalimatnya Future gimana A Ulum?

Yaudah, tambahin WiLL aja setelah Subject.

Misal,
Saya Akan Suruh Seseorang Membersihkan.

Karena future, setelah Subject tambahkan will, jadi :
I Will
Inget SHOV1, berarti jadi,
I Will Have Somebody Clean.

Bisa??

Yuk agh ke rumus kalimat menyuruh yang kedua.

2. Subjet + Get + Object + To + Verb1
Disingkat jadi
SuGOToVI.

Yang tadi SHOVI, sekarang SuGOToVI.

Biar lebih faham, contoh bahasa indonesianya sama kayak tadi :

Saya suruh dia mengambil.
Inget rumus SuGOToVI.

Su : I
G : get
O : her
To : to
VI : take

Jadi,
I get her to take.

Bisa?? Bisa dong yah??
Yuk agh lanjut ke rumus terakhir kalo pengen membuat kalimat menyuruh.

3. Sebelum ke rumus, kalo diperhatiin, rumus di atas tuh pake Have sama Get khan?? Ada Have di SHOVI, dan ada Get di SuGOToVI. Iya khan? Jadi gak salah donk kalo kita sebut sebagai Have and Get?

Nah di rumus terakhir juga sama pake Have and Get juga, tapi bedanya.
Ada yang tau bedanya apa?

Bedanya, kalo Have and Get yang atas itu Objectnya aktif. Tau object? Itu tuh yang dicontoh ditulis her sama somebody. Object nya aktif khan kalo yang di atas?
1) Her take
2) Somebody to clean
Nah, kali ini, si Object nya PASIF. Saya ulangi, Objectnya PASIF.

Rumusnya,
Kalo pake have :
Subject + Have + Object + Verb3.
Biar artinya gak ketuker sama SHOV1, yaudah gini aja, SHOV1 khan objectnya aktif, tambahin aja kata AKTIF di belakang SHOV1.
Jadi, rumus pertama adalah SHOV1 AKTIF, karena Objectnya aktif.
Kalo objectnya pasif, ganti aja pake V3 jangan V1.

Contoh yang objectnya pasif nih yah...
Saya Menyuruh Mobil Saya Dicuci.
Yaudah masukkin aja,
S : I
H : Have
O : My Car
Inget, karena pasif jadi
V3 : Washed

Saya Menyuruh Mobil Saya Dicuci :
I have my car washed.

Bisa?
Bisa Lha ya?

Kalo Get gimana A Ulum?
Sama aja kayak have.
Jadi, rumus SuGOToVI itu untuk object aktif.
SuGOToVI AKTIF.
Kalo object nya pasif, ganti aja pake Verb 3.

Nih ada soal, rubah pake rumus GET yah?
Inget, kalo object nya pasif, berarti pake verb 3.

Saya menyuruh celana panjang saya Dipendekkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar