Buku Tamu


ShoutMix chat widget

18 April 2009

Medan Tempur dan Lawan Kita

Ketika hari Jumat kemarin, saya sholat Jumat di Masjid Perumahan Dan Koperasi (PDK) di dekat sekolah saya, SMA N 1 Subang.

Entah mengapa, setiap saya sholat di sana, ada saja kata-kata khotib yang terngiang-ngiang di pikiran saya.

"Jika kamu berada di pagi hari, janganlah kamu pikirkan yang akan kamu lakukan di sore hari. Jika kamu berada di sore hari, janganlah kamu pikirkan yang akan kamu lakukan di pagi hari".

Kata-kata ini adalah nasihat dari putra amirul mu'minin, yaitu Abdullah bin Umar. Sejujurnya, dari sejak kelas X SMA, saya tertarik dengan ucapan-ucapan Abdullah bin Umar. Buku "Dimana Allah", sepenuhnya menjelaskan tentang perkataan Abdullah bin Umar.

Ketika khotib menyadur nasihat Abdullah bin Umar, khotib mengingatkan untuk tidak menunda-nunda ibadah. Tapi, ketika itu, saya berpikir, pasti nasihat itu tidak hanya berlaku dalam hal ibadah saja.

Bagaimana dengan mimpi?

Mimpi adalah hal penting yang harus dimiliki orang yang ingin sukses di hari nanti bukan?

Mimpi itu khan ibarat di pagi hari kita menginginkan sesuatu yang didapat di sore hari nanti.

Lama sekali saya berpikir, apakah Abdullah bin Umar melarang kita untuk mengejar mimpi?

Ternyata, pemikiran saya begini.

Maksud ucapan Abdullah bin Umar bahwa jika berada di pagi hari jangan pikirkan yang akan kamu lakukan di sore hari, mungkin seperti ini, bayangkan kita adalah pelatih sepakbola, saat ini, tim yang kita latih sedang bertanding di partai semi final, sementara sore hari nanti sudah ada Tim X yang menunggu tim kita di pertandingan final. Tentu yang kita pikirkan saat ini adalah, Bagaimana Memenangkan Pertandingan Saat Ini(di semi final), akan sangat salah jika saat ini (tim masih bertanding di semi final), tapi pikiran kita adalah Strategi apa yang harus dilakukan di final sore nanti (dengan tim X). Itu salah, itu artinya kita memikirkan yang akan kita lakukan di sore hari, sementara saat ini adalah pagi hari.

Artinya apa?

Artinya, menurut saya, maksud Abdullah bin Umar adalah, menjalani hidup ini ibarat menjalani pertandingan. Saat ini, kita sedang bertanding di pagi hari. Waktu-waktu di pagi hari itulah lawan kita. Jadi, jika khotib mengingatkan untuk tidak menunda ibadah ketika di pagi hari hingga tiba waktu sore hari, saya menambahkan, "Saat ini kita sedang berperang, bukan AKAN berperang, tapi Sedang Berperang. Selesaikanlah pertempuran saat ini juga, medan tempur dan lawan kita adalah waktu".

Hal ini tidak akan berlawanan dengan pencapaian mimpi-mimpi kita, karena orang yang menggapai mimpi adalah orang yang menyelesaikan sesuatu yang sedang dia kerjakan.

"Dan jika kamu telah selesai (dari yang kamu kerjakan saat ini), tetaplah bekerja keras (menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang lain setelah itu)".

Ini ayat al qur'an favorit saya, kita diwajibkan untuk menyelesaikan yang kita kerjakan, fokuslah, selesaikan pekerjaan saat ini hingga sempurna sesempurna-sempurnanya.

1 komentar:

  1. bukannya PDK yg dekat smansa itu Pendidikan dan Kebudayaan mas?

    BalasHapus