Buku Tamu


ShoutMix chat widget

09 April 2009

Kelompok Belajar 4Serangkai

Kalian pernah mendengar istilah Quantum?
Quantum berarti loncatan. Pelajar biasanya menggunakan istilah ini untuk menamai fenomena melejitnya prestasi siswa dalam waktu singkat.

Sebelum 4 kali Try Out Ujian Nasional saya kesemuanya gagal. Saya tidak pernah memperhatikan himbauan guru-guru untuk membuat kelompok belajar.

Sekarang, saya punya kelompok belajar. Saya namakan 4 Serangkai.
1. Taufik Hidayat (Opik)
2. Arief Mochamad R (Deok)
3. Syaepul Anwar (Epul)
4. Asep Saeful Ulum (Aku).

Ada perasaan lain ketika saya belajar dalam kelompok. Ketika tidak mampu menjawab soal, saat itulah justru kesenangan yang ditunggu-tunggu. Biasanya, jika belajar sendiri, tidak bisa menjawab soal adalah suatu hal yang menakutkan.

Di 4 Serangkai, kita saling melengkapi. Untuk Matematika,

Epul paling jago di antara kita berempat. Sekedar info, dia sudah diterima PMDK di IPB jurusan Matematika.

Deok dan opik, jago di Fisika. Deok jago di Mekanika, maklum, dia juara olimpiade fisika kabupaten subang tahun 2008. Sementara opik, semangatnya untuk menjadi guru fisika, membuat dia berjaya di bab kelas 3 seperti magnet dan bunyi.

Biologi milik Epul dan aku. Aku tidak sengaja hapal materi biologi SMA, karena waktu itu aku harus ikut lomba Biologi, mau tidak mau, Biologi SMA 3 tahun, sudah tergambar dalam pikiran. Sementara Epul, hafalan biologinya luar biasa.

Pada intinya, kita semua saling melengkapi. Misalnya, deok dan opik boleh jago fisika, tapi jika sudah bertemu soal-soal mikroskop, mesin carnot dan teori relativistik, akulah yang menjadi tempat bertanya mereka.

Matematika, walaupun kita semua mengandalkan Epul, terutama di Bab Limit, Persamaan Garis, tapi Trigonometri, deok lebih dominan dari kami, dan untuk soal-soal logika, epul masih mengandalkan aku.

Kimia, nyaris opik yang paling menguasai arena. Terutama bab-bab kelas 3, opik rajanya. Seperti itulah 4 serangkai.

Kita pernah malam mingguan di rumah ku. Belajar sampe nginep di kamar deok juga pernah. Belajar di kost-an epul sampe nginep juga pernah. Intinya saling melengkapi. Berkumpul memang untuk belajar. Belajar menangani soal, dengan solusi yang didapat dari teman-teman kelompok belajar. Itulah sebenarnya makna dari kelompok belajar.

Selamat belajar dalam kelompok !

3 komentar:

  1. wah keren yaa. haha. :D
    bisa di contoh tuh kelompok belajarnya.. hehe..

    BalasHapus
  2. hahaha*)
    bagus-bagus, kaian saling melengkapi satu sama lain :)

    BalasHapus
  3. beuuuuuuuuuuuhhhhhh.....

    udah. gitu doank ah komennya.

    BalasHapus